Pages

Selasa, 07 Juni 2011

Mazhab Syafii.

Mazhab Syafii disusun oleh Muhammad bin Idris bin Syafii, keturunan bangsa Quraisy. beliau dilahirkan di Khuzzah tahun 150 H, dan meninggal dunia di Mesir tahum 204 H. Sewaktu berumur 7 tahun, beliau telah hafal Al-qur'an dan pada umur 10 tahun beliau hafal Al-Muwatta ( kitab guru belia, Imam Malik ). dan pada saat berumur 20 tahun, beliau mendapat izin dari gurunya ( Muslim Bin Khalid ) untuk berfatwa. Ali Bin Usman berkata : "saya tidak pernah melihat seseorang yang lebih pintar dari pada Syafii. sesungguhnya tidak ada seorangpun yang menyamainya. Ia pintar dalam segala pengetahuan, sehingga bila ia melontarkan anak panah, dapat dijamin 90 % akan mengenai sasarannya".

Ketika berumur hampir 20 tahun, beliau pergi ke Madinah karena mendengar kabar tentang tentang Imam Malik yang begitu terkenal sebagai Ulama besar dalam ilmu Hadits dan Fiqih. disana beliau belajar kepada Imam Malik. Dan kemudian beliau pergi ke Irak, disana beliau bergaul dengan sahabat-sahabat Imam Abu Hanifah. Kemudian beliau pergi ke Parsi  dan beberapa negeri lain, kira-kira 2 tahun lamanya beliau dalam perjalanan ini.

Imam Syafii bergaul dengan baik dengan rakyat maupun pemerintah, bertukar pikiran dengan ulama-ulama terutama sahabat-sahabat Imam Abu Hanifah. dan dalam pergaulan dan bertukar pikiran itu beliau dapat menyusun pendapat "qadim" (pendapat beliau yang pertama). Kemudian beliau kembali kemekkah hinga tahun 198 Hijrah. 

Perkataan Imam syafii yang perlu menjadi perhatian yaitu : "Apabila Hadits ini Shohih, itulah Mazhabku dan buanglah perkataanku yang timbul dari ijtihadku".

0 komentar:

Posting Komentar